22 April 2017

View Menawan Pantai Krakal dari Bukit Giri Sarangan

Pantai  merupakan salah satu tempat favorit kami untuk berlibur.  Lama tak mengunjunginya membuat kami rindu. Akhir pekan kemarin, kami putuskan untuk pergi kepantai. Pagi-pagi kami pun sudah siap untuk meluncur ke pantai. Tujuan kami yakni pantai di Gunung Kidul. Setelah kurang lebih tiga jam perjalanan, kami akhirnya tiba di Wonosari, Gunung Kidul. Sebelum menuju ke pantai, kami berhenti dulu untuk mengisi perut yang sedari pagi belum diisi.
Setelah sarapan, perjalanan kami lanjutkan. Dari awal perjalanan kami belum memutuskan mau mengunjungi pantai yang mana, yang penting ke pantai. Nanti sambil dipikir dijalan pantai mana yang lama atau belum dikunjungi. Setelah membayar retribusi perjalanan kami lanjutkankan. Kami mencari pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung agar bisa leluasa menikmatinya.
Dari kejauhan terlihat ada semacam menara yang berbentuk ikan yang menarik perhatian kami. Kami memutuskan untuk mendatanginya. Lama tidak mengunjunginya ternyata ada yang baru dipantai ini.
Bangunan ini letaknya diatas tebing dibagian barat pantai Krakal. Kalau anda naik sepeda motor dan ahli dalam medan yang menanjak, anda bisa membawa motor anda sampai keatas, jika mengendari mobil, mobil bisa diparkir dibawah dan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk menujunya.
Sampai diatas kita akan dibuat terpana. Wow... pemandangannya super keren dari atas bukit Sarangan ini. Kita bisa melihat ke segala penjuru, melihat pemandangan yang indah pantai-pantai disekitar pantai krakal. Memandang laut yang biru, ombak yang berkejaran ditemani semilir angin membuat kita betah berlama-lama disini. Dan sepertinya tempat ini cocok untuk hunting sunrise dan sunset yang cantik. Cuaca yang cukup terik pada waktu itu membuat kami turun dan menikmati pantai krakal dibagian bawah.

Saat air surut kita bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang diantara bebatuan karang. Kita bisa bermain air dipinggir pantai atau kalau beruntung bisa menangkap ikan hias, atau hanya sekedar duduk-duduk saja. Pantai Krakal ternyata bisa digunakan untuk surfing dimusim-musim tertentu. Namun banyaknya karang yang ada harus berhati-hati.
Menurut sejarahnya pantai Krakal tercipta melalui proses alam yang panjang, dimana pantai ini dulunya diyakini berada di dasar laut. Karena proses alam terjadi pengangkatan sehingga dasar laut tersebut bisa sampai ke permukaan dan berubah menjadi daratan. Dari proses tersebut muncullah pantai Krakal. Dinamakan pantai Krakal karena dahulu banyak sekali batu karang yang bertebaran dipantai yang dulunya dipakai sebagai rumah ikan didasar laut. Banyaknya batuan karang  seperti brangkal dulu banyak diambil masyarakat untuk membuat taman atau yang lainnya. Dahulu belum ada aturan yang melarang mengambil batuan atau pasir laut sehingga hampir semua batuan diambil, habis tak bersisa tinggal meninggalkan namanya saja, yakni Pantai Krakal.

Lokasi dan Akses Pantai Krakal
Pantai Krakal berada di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju pantai Krakal sangatlah mudah, arahkan kendaraan menuju pantai Baron, kemudian kearah timur searah ke pantai Indarayanti/Pulangsawal, letaknya sebelah timur pantai Drini. Jaraknya sekitar 21 km dari kota Wonosari.
 Lokasi koordinat: 080 08’ 56.2” LS 110035’ 44.4” BT
Tiket Masuk
Harga tiket masuknya sebesar Rp. 10.000,- perorang. Dengan tiket ini kita bisa menikmati pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Sundak, Karakal, Indrayanti/Pulang Syawal, pantai Pok Tunggal dan pantai lain disekitarnya.
Fasilitas di Pantai Krakal
Disini terdapat penginapan yang dapat dipergunakan untuk bermalam di pantai ini, warung makan juga tersedia disini, tempat parkir yang luas, kamar mandi dan toilet dan juga ada jasa penyedia foto instan. Disini juga tersedia gazebo-gazebo yang dapat digunakan oleh wisatawan.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Monggo dipersilahkan kalau mau komentar