09 March 2017

Berburu Senja di Pantai Congot


Senja memang mempunyai kekhasan untuk menjadi sesuatu yang romantis. Semburat warna jingga memancarkan sinar keemasan. Pantulan semburat merahnya terasa begitu menenanghkan. Akan lebih romantis lagi jika menikmatinya bersama pasangan. Tidak ada kata bosan menikmati keindahan lukisan alam karuniaNya.

Salah satu tempat yang istimewa untuk berburu senja adalah pantai. Salah satu pantai dengan sunset yang menawan yakni pantai Congot. Pantai Congot masuk dalam wilayah kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di sebelah barat pantai Glagah yang lebih terkenal.

Pantai Congot tepatnya berada di desa Jangkaran kecamatan Temon, sekitar 15 km dari kota Wates, Kulonprogo. Untuk mencapainya sangatlah mudah. Pantai Congot berada di jalur lintas selatan Yogyakarta – Cilacap. Jaraknya sekitar 1km dari jalur lintas selatan. Pantai ini dekat dengan lokasi  bandara internasional Yogyakarta yang baru yang akan segera dibangun disana.

Jika Pantai Glagah terkenal akan lagunanya, Pantai Congot merupakan muara dari sungai Bogowonto. Karena merupakan muara sungai dari sungai Bogowonto sehingga berbagai jenis ikan mulai tawar, payau hingga ikan laut banyak terdapat di pantai ini, jadi pantai ini disenangi para pemancing untuk memancing ikan.  Tak salah bila pantai ini menjadi salah satu spot memancing yang banyak didatangi oleh para pemancing dari luar daerah.

Pantai Congot juga merupakan tempat berlabuhnya kapal nelayan penangkap ikan. Keberadaan muara sungai juga sering dimanfaat nelayan mencari ikan dengan cara menjaring.

Untuk tiket masuk wisata pantai congot tidak perlu membayar lagi jika sebelumnya telah mengunjungi pantai glagah. Akan tetapi jika belum memiliki tiket patnai glagah tentunya pengunjung harus membayar uang retribusi sebesar 5.000 rupiah per orang.  Jika anda sudah memiliki tiket pantai glagah maka pengujung pantai congot hanya cukup membayar biaya parkir saja.







Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Monggo dipersilahkan kalau mau komentar