Skip to main content

Berburu Senja di Pantai Congot




Senja memang mempunyai kekhasan untuk menjadi sesuatu yang romantis. Semburat warna jingga memancarkan sinar keemasan. Pantulan semburat merahnya terasa begitu menenanghkan. Akan lebih romantis lagi jika menikmatinya bersama pasangan. Tidak ada kata bosan menikmati keindahan lukisan alam karuniaNya.

Salah satu tempat yang istimewa untuk berburu senja adalah pantai. Salah satu pantai dengan sunset yang menawan yakni pantai Congot. Pantai Congot masuk dalam wilayah kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di sebelah barat pantai Glagah yang lebih terkenal.

Pantai Congot tepatnya berada di desa Jangkaran kecamatan Temon, sekitar 15 km dari kota Wates, Kulonprogo. Untuk mencapainya sangatlah mudah. Pantai Congot berada di jalur lintas selatan Yogyakarta – Cilacap. Jaraknya sekitar 1km dari jalur lintas selatan. Pantai ini dekat dengan lokasi  bandara internasional Yogyakarta yang baru yang akan segera dibangun disana.

Jika Pantai Glagah terkenal akan lagunanya, Pantai Congot merupakan muara dari sungai Bogowonto. Karena merupakan muara sungai dari sungai Bogowonto sehingga berbagai jenis ikan mulai tawar, payau hingga ikan laut banyak terdapat di pantai ini, jadi pantai ini disenangi para pemancing untuk memancing ikan.  Tak salah bila pantai ini menjadi salah satu spot memancing yang banyak didatangi oleh para pemancing dari luar daerah.

Pantai Congot juga merupakan tempat berlabuhnya kapal nelayan penangkap ikan. Keberadaan muara sungai juga sering dimanfaat nelayan mencari ikan dengan cara menjaring.

Untuk tiket masuk wisata pantai congot tidak perlu membayar lagi jika sebelumnya telah mengunjungi pantai glagah. Akan tetapi jika belum memiliki tiket patnai glagah tentunya pengunjung harus membayar uang retribusi sebesar 5.000 rupiah per orang.  Jika anda sudah memiliki tiket pantai glagah maka pengujung pantai congot hanya cukup membayar biaya parkir saja.







Comments

Popular posts from this blog

Ini dia 7 Tempat Hits di Soloraya yang Instagramable

1. Bukit Cumbri
Nikmati keindahan sunrise dari bukit Cumbri di perbatasan Wonogiri dan Ponorogo tepatnya di desa Kepyar, kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Bukit dengan ketinggian 638 mdpl ini menawarkan pemandangan yang menawan. Kamu bisa menyaksikan sunrise dengan latar bukit-bukit kecil yang mempesona. Dari wonogiri ikuti jalan menuju Ponorogo, Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki selama 1 jam. Jalan menuju lokasi ini naik turun, namun sampai disana dijamin lelah kamu akan sirna tergantikan dengan pemandangan bentang alam nan menawan.
2. Rumah Pohon Banyu Anyep,  Jatiyoso Rumah pohon Banyu Anyep terletak di desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Rumah pohon ini terletak 1.500 mdpl sehingga berhawa sejuk. Ada beberapa tipe rumah pohon yang dibangun : ada yang menyerupai bentuk love dan bentuk seperti menara pandang. Dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan indah lembah dan perbukitan serta gunung Lawu.Hutan pinus di kawasan ini semakin menambah sedap…

Tari Kolosal Adeging Kutha Solo, Upaya Mengenang Kembali Sejarah Kota Solo

Solo Pluffy, Klangenan Baru Kota Solo

Solo merupakan kota budaya, kota wisata dan kota kuliner yang kaya akan beragam jenis makanan yang kaya rasa dan menggugah selera untuk diburu dan dicari para penggemarnya. Beragam makanan khas kota Solo siap menjamu lidah anda. Sebagai kota wisata tentunya pengunjung  yang berkunjung  ke kota Solo ketika pulang akan membawa oleh-oleh.
Oleh-oleh khas kota Solo yang paling banyak dicari salah satunya adalah Intip. Kita bisa membelinya di pasar Klewer atau pasar lainnya serta hampir di setiap gerai oleh-oleh. Intip goreng sendiri merupakan cemilan yang terbuat dari kerak nasi. Proses pembuatannya yakni dengan cara menjemur nasi putih yang sebelumnya sudah masak dan kemudian dibentuk bulat pipih. Setelah dijemur, intip akan digoreng dalam minyak yang panas. Selanjunya intip yang telah digoreng dibumbui dengan gula jawa, bawang putih dan sedikit garam. Intip goreng tersedia dalam rasa dua rasa yakni manis dan gurih.
Satu lagi yang banyak dicari sebagai oleh-oleh khas Solo yakni serabi. Y…