Skip to main content

Sekaten, Tradisi yang Tetap Lestari


Sekaten merupakan salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat Solo dan Jogja. Biasanya selama sebulan penuh digelar pasar malam serta berbagai event budaya seperti gunungan grebeg mulud. Nah kali ini Travelisme berkesempatan untuk menjelajah sekaten Solo dan menyaksikan secara langsung prosesi gunungan Grebeg Mulud.

Sekaten Solo digelar kurang dari sebulan karena alun-alun utara yang biasa digunakan masih ditempati pedagang pasar Klewer yang terkena musibah kebakaran beberapa waktu yang lalu. Untuk mainan di tempatkan di halaman benteng Vastenburg sementara untuk jualan ditempatkan di seputar alun-alun utara dan depan masjid Agung Surakarta.

Nah prosesi gunungan Grebeg Mulud sendiri telah digelar pada Senin (12/12) dari kori Kamandungan menuju masjid Agung Surakarta. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Awalnya sepasang gunungan jaler dan estri dikirab dari Keraton kasunanan Surakarta menuju masjid Agung Surakarta. Sesampainya di keraton gunungan di doakan, kemudian selesai doa gunungan yang terdiri dari sayuran dan makanan ini diperebutkan oleh ribuan masyarakat yang sejak pagi sudah menunggu. Masyarakat percaya bahwa gunungan akan membawa keberkahan bagi mereka. Di sekaten juga masih lestari tradisi nginang meski sudah banyak masyarakat yang meninggalkan.

Sekaten sendiri menjadi hiburan murah meriah bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. Tak heran jika masyarakat banyak yang berdatangan berombongan menggunakan kendaraan bus/kendaraan pribadi dari berbagai daerah hanya sekedar untuk datang ke Sekaten.


Logo Keraton di pintu gerbang masjid Agung Surakarta

Abdi dalem Keraton Kasunan Surakarta

Gunungan Grebeg Mulud

Celengan macan ... kalian pasti punya saat kecil :)

Kapal Othok-othok ..tak pernah absen di setiap Sekaten

Arumanis, tetap legendaris di Sekaten




Comments

Popular posts from this blog

Ini dia 7 Tempat Hits di Soloraya yang Instagramable

1. Bukit Cumbri
Nikmati keindahan sunrise dari bukit Cumbri di perbatasan Wonogiri dan Ponorogo tepatnya di desa Kepyar, kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Bukit dengan ketinggian 638 mdpl ini menawarkan pemandangan yang menawan. Kamu bisa menyaksikan sunrise dengan latar bukit-bukit kecil yang mempesona. Dari wonogiri ikuti jalan menuju Ponorogo, Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki selama 1 jam. Jalan menuju lokasi ini naik turun, namun sampai disana dijamin lelah kamu akan sirna tergantikan dengan pemandangan bentang alam nan menawan.
2. Rumah Pohon Banyu Anyep,  Jatiyoso Rumah pohon Banyu Anyep terletak di desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Rumah pohon ini terletak 1.500 mdpl sehingga berhawa sejuk. Ada beberapa tipe rumah pohon yang dibangun : ada yang menyerupai bentuk love dan bentuk seperti menara pandang. Dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan indah lembah dan perbukitan serta gunung Lawu.Hutan pinus di kawasan ini semakin menambah sedap…

Tari Kolosal Adeging Kutha Solo, Upaya Mengenang Kembali Sejarah Kota Solo

Solo Pluffy, Klangenan Baru Kota Solo

Solo merupakan kota budaya, kota wisata dan kota kuliner yang kaya akan beragam jenis makanan yang kaya rasa dan menggugah selera untuk diburu dan dicari para penggemarnya. Beragam makanan khas kota Solo siap menjamu lidah anda. Sebagai kota wisata tentunya pengunjung  yang berkunjung  ke kota Solo ketika pulang akan membawa oleh-oleh.
Oleh-oleh khas kota Solo yang paling banyak dicari salah satunya adalah Intip. Kita bisa membelinya di pasar Klewer atau pasar lainnya serta hampir di setiap gerai oleh-oleh. Intip goreng sendiri merupakan cemilan yang terbuat dari kerak nasi. Proses pembuatannya yakni dengan cara menjemur nasi putih yang sebelumnya sudah masak dan kemudian dibentuk bulat pipih. Setelah dijemur, intip akan digoreng dalam minyak yang panas. Selanjunya intip yang telah digoreng dibumbui dengan gula jawa, bawang putih dan sedikit garam. Intip goreng tersedia dalam rasa dua rasa yakni manis dan gurih.
Satu lagi yang banyak dicari sebagai oleh-oleh khas Solo yakni serabi. Y…